Pages

Gaya Suami Mencemburui Istrinya.

Tulisan ini pernah di muat di majalah Safina No. 5 Tahun 1 Juli 2003

Orang bilang cemburu itu biasa, milik semua orang. pria, wanita , ulama atau orang kenanyakan, semuanya pernah didera rasa cemburu. Umar Tilmisani, misalnya ulama besar yang pernah menjabat sebagai ketua Umum ke tiga Al muslimin, pun mengaku pernah dilanda cemburu, dengan terus terang ia mengatakan "Setelah menikah denganku, selama 17 tahun istriku tidak pernah keluar rumah untuk berkunjung ke keluarganya, atau menghadiri undangan dan kematian tanpa memakai mobil, ia tidak pernah menggunakan trem, bus ataupun berjalan kakai di jalan, karena aku sangat ghirah (cemburu) kepadanya. Aku cemburu melihat sinar matahari menerpa tubuhnya, atau udara membelit pakaiyanya. Dan istriku sangat tahu benar akan perasaanku itu. Karena itu ia tidak pernah merasa dirinya di batasi sehingga harus marah padaku".

Tak hanya itu, Syaikh Umar pun mengungkapkan bahwa ia merasa cemburu ketika istrinya terpesona nyanyian seorang penyanyi bernama Riyadh an Sanbathi. Ketika di komunikasikan istri sang tokoh mengerti dan tidak pernah mendengarkan lagu itu atau menyebut nama an Sanbathi lagi.

Cemburu akan menerpa hati suami bila ia merasa di lupakan, diabaikan atau tidak diikutsertakan ketika istri membuat keputusan penting tanpa melibatkan suami, biasa jadi suami akan cemburu. Demikian pula ketika istri terlalu sibuk dengan kegiatan yang tidak melibatkan suami, rasa cemburu akan sertamerta melanda.

Sesaat setelah lahirnya anak pertama, istri akan sibuk mencurahkan waktu , perhatian dan kasih sayang untuk bayi barunya, Aktivitas ibu memeluk, menimang, memandikan dan menyusui yang tidak pernah melibatkan sang ayah, membuat sang ayah merasa tersisihkan, Waktu yang tersisa untuk mengurus bayi, anak-anak dan rumah tangga membuat suami merasa terabaikan, apalagi bila suami istri mulai kehilangan waktu yang biasa di gunakan berdua.

Laki-laki juga akan cemburu jika kehilangan status dan harga diri di muka umum. Egonya akan terluka parah jika dilecehkan, dihina dan disindir tajam di muka umum oleh pasanganya. Atau bila suami terlihat dan mendapat perlakuan yang dirasa lebih rendah dari istrinya. Misalnya perbedaan perlakuan karena sang istri yang pejabat sedangkan suaminya bukan. Selain itu laki laki akan merasa nyaman dan dicintai, jika ia di kagumi oleh pasanganya. Sebaliknya ia akan cemburu bila pasanganya mengagumi orang lain selain dirinya.

Namun, Laki-laki selalu terang terangan memperlihatkan rasa cemburunya, ini penting untuk menjada harga dirinya. sebab tidak jaeang suami merasa kurang nyaman bila rasa cemburunya di ketahui oleh orang lain, termasuk oleh istrinya yang sedang ia cemburui. Yang biasa dilakukan laki-laki dalam kecemburuanya adala:

  • Berusaha tidak peduli (pura-pura tak acuh)
  • Menasehati bahwa perilaku yang membuat ia cemburu adalah penghinaan terhadap masyarakat, bukan terhadap dirinya sendiri.
  • Berusaha mempertahankan kuasa atau kontrol terhadap pasanganya dengan ancaman dan permohonan, atau terus menerus mengawasi segala kegiatan pasanganya.
  • Menyatakan bahwa ia cemburu, yang artinya ia masih cinta dan masih memiliki hasrat terhadap pasanganya.


www.prayoga.net

    2 komentar:

    catatan kecilku mengatakan...

    Cemburu itu sangat melelahkan... :)

    D.Durahman mengatakan...

    Melehakan Ya.... kalau cembur jangan sambil joging biar engga melelahkan. kkkkkkk

    Posting Komentar

    Apapun komentar nya, Saya tunggu..!